in

5 Perbedaan Free Fire dan Call of Duty Mobile yang Mencolok, Mana yang Terbaik?

5 Perbedaan Free Fire dan COD Mobile yang Mencolok, Mana yang Terbaik?

Berbicara mengenai game di Indonesia tentu saja tidak ada habisnya karena setiap saat pasti ada game yang baru. Dan saat ini Free Fire dan Call of Duty Mobile menjadi dua game mobile yang begitu populer di Indonesia.

Sebagai pemain game, tentu saja kamu pasti kenal dengan game besutan dari Garena ini. Genre game ini adalah tembak-tembakan yang dilengkapi dengan berbagai karakter unik dan menarik didalamnya.

Sama-sama game keluaran Garena, kedua game ini mempunyai jumlah pemain yang banyak dan terus bertambah hingga saat ini. Wajar karena gamenya tidak membosankan. Grafiknya yang mumpuni membuat kedua game ini termasuk game mobile terbaik di dunia.

Sekilas, game besutan Garena ini memang hampir sama. Namun jika dilihat secara seksama, ada beberapa perbedaan yang mungkin belum kamu ketahui. Nah, berikut ini pembahasan tentang apa saja perbedaan antara Free Fire dan COD Mobile.

1. Map

Map Free Fire dan COD Mobile
Source Duniagames

Kedua game ini menyediakan map khusus untuk arena permainan yang harus diikuti setiap pemain. Map yang ditawarkan memiliki ukuran yang cukup luas dengan tempat persembunyian yang cocok untuk genre battle royale pada umumnya.

Perbedaannya, hingga sekarang COD Mobile masih menggunakan satu map battle royal saja. Ini tentu berbeda dengan battle royale map yang ada di Free Fire. Di mana game ini menyediakan 3 map, Bermuda, Purgatory dan Kalahari.

Meskipun hanya menggunakan satu map saja, bukan berarti COD Mobile itu membosankan.

Sebenarnya COD mobile hanya memiliki satu battle royal bukanlah hal yang tidak disengaja. Pasalnya kebanyakan pemainnya memang suka bermain di mode non royale seperti Bomb Mission, Frontline dan juga Domination.

Jadi wajar jika pihak Garena tidak terlalu mengembangkan arena map untuk para pemainnya.

2. Mode permainan

Mode permainan Free Fire dan COD Mobile

Mode permainan juga menjadi perbedaan Free Fire dan COD Mobile yang cukup mencolok untuk dibahas.

Saling membunuh dan juga bertahan hidup ala Battle Royale adalah mode permainan utama dari game besutan Garena. Mode normal dan mode ranked sering dimainkan di map sehingga cocok untuk game Royale Battle pada umumnya.

Selain Battle Royale, ada mode permainan lain yang bisa kamu dapatkan di game Free Fire, yakni TDM dan juga Bomb Squad. Hanya saja mode ini tidak bisa ditemukan setiap hari karena hanya waktu-waktu tertentu saja.

Kebalikannya, mode permainan di COD Mobile bukanlah Battle Royale. Melainkan mode Fronline dan juga Domination.

Jika kamu adalah pemain Free Fire yang suka main mode TDM dan Bomb Squad, kamu pasti sangat suka dengan COD Mobile.

Sebaliknya, jika kamu adalah pemain COD Mobile yang suka dengan mode battle royale, tentu saja kamu harus mencoba memainkan Free Fire. Dua game ini memang saling berhubungan satu dengan yang lain.

3. Spesifikasi minimum yang diperlukan

Spesifikasi minimum yang diperlukan Free Fire dan COD Mobile
Source Esportku

Perbedaan dari Free Fire dan COD Mobile juga cukup luas. Contohnya seperti spesifikasi minimum untuk bisa mengunduh dua game menarik ini.

Salah satu hal menarik yang bisa didapat dari Free Fire adalah spesifikasi minimum smartphone cukup rendah sehingga bisa dimainkan di hampir semua gadget.

Jadi meskipun spesifikasi smartphone mu rendah, kamu masih bisa memainkan game Free Fire. Ini sangat berbeda jika kamu ingin memainkan COD Mobile karena spesifikasi yang dibutuhkan haruslah tinggi agar bisa memainkan game dengan lancar.

Wajar sebenarnya, karena COD Mobile menawarkan pilihan grafik yang lebih tinggi dibanding kawannya, Free Fire. Berikut spesifikasi minimum yang disarankan:

Spesifikasi untuk Free Fire

  • CPU minimal harus Quad Core
  • RAM smartphone minimal harus 1 GB
  • Sistem operasi yang disarankan adalah 4.4 atau KitKat
  • ROM yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game adalah 600 MB

Spesifikasi untuk COD Mobile

  • Memperlukan processor Qualcomm Snapdragon 450
  • RAM yang dibutuhkan untuk perangkat adalah 2 GB
  • Sistem operasi yang disarankan adalah 5.1

4. Jumlah pemain di setiap pertandingan

Jumlah pemain di setiap pertandingan
Source Gamesradar

Baik Free Fire atau COD Mobile memang memiliki konsep multiplayer. Tidak heran jika kamu bisa memainkan game ini dengan beberapa lawan dari seluruh dunia yang sudah disediakan sistem.

Game COD Mobile pada umumnya bisa menampung pemain hingga 100 pemain di setiap match. Di sisi lain, Free Fire hanya bisa menampung pemain sebanyak 50 pemain saja.

Meskipun jumlah pemainnya lebih rendah dari COD Mobile, bukan berarti FF kurang menarik untuk dimainkan. Karena setiap game itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Intinya, Semakin banyak pemain yang bermain di game Battle Royale, umumnya akan semakin lama juga permainan berlangsung. Ini tentunya bisa disesuaikan dengan kemampuan para pemain saja.

Bagi yang menyukai permainan dengan detail yang lebih intens dan tidak panjang durasi permainannya, Free Fire bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimainkan dibanding COD Mobile.

Begitu pula sebaliknya, bagi yang suka dengan permainan yang konsepnya terus-menerus, COD Mobile bisa menjadi pilihan tepat untuk dimainkan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memainkan Game Free Fire

5. Ukuran Data

Ukuran Data Free Fire dan COD Mobile

Free Fire termasuk game Battle Royale yang ukuran filenya cukup kecil sehingga bisa ditampung di sebagian besar pengguna gadget yang mau mengunduhnya. Dengan ruang penyimpanan sebesar 571 MB saja, kamu bisa mengunduh game Free Fire di gadget yang kamu miliki.

Ini berbanding terbalik dengan pemain COD Mobile. Dimana kamu membutuhkan spesifikasi penyimpanan sebesar 2,1 GB yang kosong agar bisa memainkan game ini dengan baik.

Dengan kebutuhan ukuran data yang besar ini sebenarnya tidak terlalu kaget mengingat game COD Mobile memang memiliki spesifikasi grafik yang begitu menjanjikan.

Itulah perbedaan Fire Fire dan COD Mobile yang harus kamu ketahui. Sebagai pemain dua game ini, tentunya kamu sudah tahu sendiri mana yang lebih unggul untuk dimainkan. Setiap pemain biasanya memiliki kesenangan yang berbeda sehingga semuanya tidak bisa dianggap sama.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0