in

Harvest Moon Back to Nature – Game Nostalgia dari Playstation Generasi Pertama

Harvest Moon Back to Nature: Game Nostalgia dari Playstation Generasi Pertama

Harvest Moon Back to Nature merupakan salah satu game yang selalu menyita waktu kita di masa kecil. Game yang diusung untuk konsol Playstation Generasi Pertama ini memang mampu menghasilkan pengalaman bermain yang luar biasa. Selain keunikan dari genre dibawanya, game ini juga mampu merefleksikan kehidupan dunia manusia dalam bentuk virtual.

Hal ini lah yang membuat Harvest Moon menjadi game yang sangat fenomenal. Mungkin waktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar dulu kamu mempunyai teman yang juga termasuk ke dalam kalangan gamer dan tentunya Harvest Moon selalu menjadi topik utama dalam pembicaraan.

Obrolan hangat sebelum masuk jam pelajaran sekolah selalu manjadi waktu yang paling pas untuk berbagi Informasi mengenai Harvest Moon, seperti menceritakan progress permainan, event-event yang sudah di lewati, atau mungkin berbagi infomasi mengenai resep makanan di Harvest Moon. Satu hal yang paling menyenangkan dari game ini adalah misteri yang ada di dalamnya.

Yap, Harvest Moon mungkin merupakan salah satu game yang paling banyak menyimpan misteri dan gosip diantara semua game yang ada. Menariknya, sangat sulit untuk membuktikan kevalidan dari semua misteri tersebut. Hingga pada akhirnya misteri ini terus berputar dan bertambah seiring jalannya permainan. Terlibat dalam sebuah pembicaraan kecil mengenai misteri dan rumor yang beredar dalam game ini kita pasti selalu mendengar kalimat seperti “Haah kamu yakin?” atau ” Ah apa benar begitu?”

Bagaimana tidak, pasalnya kebebasan mengeksplorasi yang di suguhkan oleh perusahaan Natsume dalam Harvest Moon memang luar biasa. Disini kamu akan dilatih untuk mengatur gameplay-mu sendiri sekaligus menentukan relasi sosial seperti apa yang ingin dibangun. Setiap gamer tentunya memiliki alur ceritanya masing-masing.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa menemukan sesuatu yang tidak bisa ditemukan oleh gamer lain. Oleh karena itu, setiap misteri atau gosip yang ada di Harvest Moon begitu mudah di percaya.

Apakah kamu salah satu gamer yang juga pernah memainkan game Harvest Moon? Jika iya maka artikle kali ini sangat cocok untuk kamu baca. Jadi kali ini akan mengulas salah satu game nostalgia yang selalu menemani masa kecil kita dahulu yakni Harvest Moon Back to Nature. Yuk, mari kita simak ulasan di bawah ini!

Alur Cerita yang Sangat Sederhana

Alur Cerita yang Sangat Sederhana Harvest Moon

Plot cerita yang mereka tawarkan memang sederhana. Karakter utama dari game ini merupakan cucu seorang petani sukses di kota Mineral. Tempat ini sebenarnya sudah tidak asing baginya karena ia pernah mengunjunginya saat masih kecil. Sama halnya seperi anak kota yang ingin pergi ke kampung halaman untuk melihat pekerjaan dari seorang petani dan mengalami momen yang sama menyenangkannya.

Karakter utama ingin merasakan indahnya kehidupan di pedesaan bersama sang kakek. Banyak kegiatan yang mereka lalui bersama seperti memancing, berternak hewan dan sebagainya. Lantas apa yang terpenting dari semua hal itu? Tentu saja jatuh cinta. Karena masa liburan telah selesai, maka sang karakter utama harus kembali kekotanya.

Kenangan yang ia dapat selama berada di desa tersebut terus dibawanya hingga suatu saat ia kembali ke desa tersebut. Akan tetapi sang kakek meninggal dan memutuskan untuk mewariskan seluruh tanah pertaniannya kepada si karakter utama. Saat ia kembali, semua penduduk memberikannya sambutan meriah, namun memberikan sebuah syarat penting yang harus ia penuhi.

Tingkat keberhasilannya diukur dari kemampuannya dalam mencuri hati warga lain sekaligus membantu hal-hal yang bisa dilakukan di kota Mineral itu. Maka dari sinilah petualanganmu sebagai petani rendah hati yang bekerja keras dimulai.

Mengumpulkan Pundi-Pundi Uang

Harvest Moon Mengumpulkan Pundi-Pundi Uang

Hingga kini Harvsest Moon masih menjadi pemimpin dari pelopor semua game dengan genre life simulation, dan Back to Nature adalah yang terbaik dari semua seri Harvest Moon yang ada. Tidak ada satupun yang mampu mengalahkan pengalaman duduk di depan televisi selama berjam-jam sambil memegang stik Plasystation dan bermain Harvest Moon.

Bahkan hal ini tidak membuat kita merasa bosan dan seakan-akan kita melakukan kegiatan yang mulai terasa seperti rutinitas biasanya. Kemampuannya dalam mengadaptasi konflik di kehidupan nyata menjadi sebuah game, memang pantas di berikan apresiasi yang luar biasa. Sama halnya dengan rutinitas harian yang ada di dunia nyata, disini kamu juga harus bekerja keras untuk mengumpulkan pundi-pundi uang yang tidak seberapa.

Mulai dari menabung, mengatur pengeluaran secara efektif, menanam investasi yang tepat dan menghasilkan uang adalah tujuan utama dalam memainkan game ini. Dan tentunya selama bermain, kamu ingin menjadi semakin kaya dari hari ke hari. Semua hal tersebut sudah menjadi obsesi dari setiap gamers Harvest Moon.

Zack adalah salah satu karakter yang selalu datang pukul 05.00 dan ia bertugas untuk mengambil hasil pertanian yang dikerjakan oleh sang karakter utama. Setiap gamer yang memainkan Harvest Moon pasti selalu menunggu saat-saat ini guna menghitung uang hasil dari kerja keras mereka.

Membuat Gamers Pintar dalam Mengatur Waktu

Harvest Moon Membuat Gamers Pintar dalam Mengatur Waktu

Meskipun grafisnya masih jadul, namun Harvest Moon tidak bisa dibilang sebagai game yang sederhana, karena di dalamnya mengandung banyak elemen yang membuatnya terasa begitu kompleks. Sebagai petani kamu memiliki tanggung jawab yang besar. Tak hanya sekedar bercocok tanam dan memanen, kamu juga akan dihadapkan dengan berbagai persoalan seperti beternak sekaligus melatih anjing dan kuda.

Semua tugas tersebut begitu menyita waktu, ditambah lagi kamu juga harus sering berinteraksi dengan penduduk lain, berbelanja, memasak, dan sering sekali harus menghadapi cuaca yang ekstrim. Waktu di Harvest Moon bergerak begitu cepat hanya dengan jarak interval sekitar 10 menit.

Bangun di jam 6 pagi bahkan tidak membuatmu menyelesaikan semua rutinitas sebelum tengah malam. Yang pasti kamu harus pintar-pintar dalam mengatur waktu. Strategi yang paling sering dilakukan oleh para gamers adalah meminimalisir pertanian dan lebih fokus kepada peternakan untuk menghasilkan uang.

Lebih baik menanam tumbuhan dengan jumlah yang sedikit akan tetapi sering di panen, dibandingkan dengan banyak tanaman yang memerlukan waktu lama. Peternakan juga bisa menjadi sumber pendapatan rutin sembari menunggu hasil panen.

Banyak Misteri yang Belum Bisa Diungkap

Di Harvest Moon Banyak Misteri yang Belum Bisa Diungkap

Hal yang paling menarik dari game ini adalah banyaknya misteri dan gosip yang terus dicari kevalidannya. Nah kira-kira seperti apa misterinya? Misalnya hewan Kappa yang ada di sungai dapat membawa kita ke tempat rahasia yang belum di ketahui, sapi hasil ternak bisa menghasilkan susu cokelat dan masih banyak misteri-misteri lainnya.

Semua gosip tersebut hingga kini masih belum bisa disahkan kebenarannya. Akan tetapi masih banyak gamer yang berusaha dan mencoba untuk mencari tau semua misteri tersebut.

Membangun Kisah Romansa

Harvest Moon Membangun Kisah Romansa

Satu hal lagi yang paling menarik dari game ini adalah membangun cerita romansa. Pacaran, menikah, dan membangun keluarga merupakan salah satu fitur yang paling disenangi oleh para gamers di Harvest Moon. Kemampuan perusahaan Natsume dalam menciptakan gadis-gadis dengan kepribadian uniknya masing-masing, memang patut diacungi jempol.

Tahap-tahap yang harus dilakukan dalam fitur ini juga cukup mudah dan sederhana, mulai dari mencairkan suasana, memberikan hadiah, pacaran, hingga akhirnya menikah dan membangun sebuah keluarga. Karena kamu membangun sebuah keluarga, maka tentunya kamu akan memiliki seorang anak yang akan dipantau perkembangannya sejak bayi.

Event yang Selalu Muncul Secara Acak

Event yang Selalu Muncul Secara Acak

Salah satu keunggulan lainnya di Harvest Moon adalah banyaknya event-event yang muncul secara acak. Misalnya saat kamu sedang berjalan-jalan di kota tiba-tiba ada sebuah pertengkaran yang menuntut kamu untuk melerai pertengkaran tersebut, kemudian event yang tiba-tiba muncul serta melibatkan warga-warga yang ada di kota dan masih banyak lagi.

Menariknya semua tampak berjalan begitu saja tanpa adanya hari dan waktu yang menentukan. Hal seperti ini membuat permainan berjalan dinamis dan semakin menggambarkan semulasi kehidupan yang sesungguhnya.

Kelebihan

  • Terdapat banyak fitur menarik
  • Penuh dengan misteri
  • Gameplaynya di desain dengan cermat dan kompleks
  • Plot cerita yang sederhana akan tetapi menarik untuk diikuti
  • Banyak event-event kecil yang mensimulasikan kehidupan nyata

Kekurangan

  • Gerakan teks saat mengobrol sangat lambat
  • Rutinitas kehidupan virtual yang di jalani terkadang terasa membosankan

Itulah ulasan saya mengenai game noslagia Harvest Moon Back to Nature yang mungkin bisa menambah wawasan bagi kamu. Pembahasan ini juga berguna bagi kamu yang hingga kini masih menyimpan konsol Playstation Generasi Pertama di rumah. Jadi, misteri mana yang sudah kamu ungkap? Semoga Bermanfaat!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0