in

Resident Evil 4: Game Legendaris yang Masih Diminati Hingga Saat Ini

Resident Evil 4: Game Legendaris yang Masih Diminati Hingga Saat Ini

Gamers tahun 2000-an tentunya sudah tidak asing dengan game legendaris yang satu ini. Memulai debutnya sebagai salah satu franchise survival horror klasik, Resident Evil 4 telah menghasilkan sebuah mahakarya yang mendapatkan apresiasi sebagai game horror terbaik di dunia industri gaming.

Uniknya, kesan horor yang ada di dalam game ini berfokus pada berbagai macam sosok makhluk halus sekaligus wabah virus yang merubah banyak penduduk menjadi zombie dan melahirkan banyak mutasi lainnya.

Sistem gaya bermain yang dihadirkan juga banyak mengalami perubahan mulai dari sudut pandang third person, sampai akhirnya berubah menjadi first person seperti yang ada di Resident Evil 7.

Resident Evil 4 adalah salah satu franchise game yang paling banyak memberikan impresi terkuat bagi para gamers veteran ataupun gamers pemula.

Dirilis pada tahun 2005 untuk Playstastion 2, game ini tidak hanya menjadi seri peling unik di seluruh franchise Resident Evil, namun juga keseluruhan game yang bergenre action dan horror.

Lantas, apa sebenarnya yang membuat game ini menjadi salah satu game legends sepanjang sejarah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kali ini kita akan mengulas sebuah game legendaris bagi ganerasi tahun 2000-an yang hingga kini masih sulit untuk dilupakan, yakni Resident Evil 4. Yuk disimak!

Jalan Cerita yang Menarik

jalan-cerita-yang-menarik-resident-evil-4

Sebagian orang yang menjadi fans veteran dari Resident Evil mungkin sudah mengenal sosok Leon sebagai sang karakter utama dari game ini. Namun sosok yang khas dengan poni lemparnya ini baru kembali bersinar lewat seri ke empat dari Resident Evil.

Tidak lagi bekerja sebagai anggota kepolisian RPD, namun kali ini Leon telah bergabung menjadi bagian dari Agen Secret Service yang jauh lebih berpengelaman di medan tempur.

Sang karakter utama ini bekerja langsung dibawah perintah presiden dan akhirnya dia ditugaskan untuk menyelamatkan wanita bernama Ashley Graham, yakni seorang putri dari Presiden Amerika Serikat yang telah di culik.

Leon pun kemudian dikirim ke sebuah wilayah di pedalaman Spanyol, yakni tempat persembunyian bagi kumpulan orang aliran sesat yang telah menculik Asley.

Nah, dari sinilah petualangan serta ujian bertahan hidup Leon dimulai, dimana dia akan terus-menerus berhadapan dengan banyak sekali penduduk yang sudah terinfeksi virus Las Plagas serta orang-orang aliran sesat Los Illuminados sendirian.

Pesona Karakter Utama

Pesona Karakter Utama

Terdengar sangat mustahil memang, namun petualangan dengan aksi heroik sekaligus dramatis terus diperlihatkan oleh Leon di sepanjang permainan, sehingga membuat para gamers takjub melihat penampilannya di game ini.

Selain itu, Leon juga menjadi karakter utama yang ada di seluruh seri Resident Evil dan ini juga menjadi alasan kenapa ia sangat begitu populer.

Sosok sempurna dan akan selalu dikenang sebagai pahlawan sejati, hal inilah yang membuat Leon serta Resident Evil 4 mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Gameplay Resident Evil 4

Gameplay Resident Evil 4

Resident Evil 4 merupakan salah satu game dengan perpaduan elemen horror serta action yang sangat sempurna.

Berbeda dari tiga seri sebelumnya yang mempertahankan gameplay dengan menggunakan kamera statis, game ini akhirnya merubah konsep secara keseluruhan melalui sudut pandang kamera tepat di belakang karakter.

Ini dilakukan agar para pemain lebih mudah dalam menembak serta menggerakkan karakter saat melakukan aksi dominan.

Perubahan tersebut tentunya membuat para gamers cukup khawatir akan hilangnya kesan horor yang ada di seri-seri sebelumnya.

Namun setelah Resident Evil 4 dirilis, banyak penggemar serta kritikus yang terkejut dengan kualitas gameplay-nya yang luar biasa.

Tak hanya mempertahankan suasana horror yang khas, tapi game ini juga menayangkan aksi brutal dan jauh lebih menegangkan dari yang dibayangkan.

Kesuksesan Resident Evil

Kesuksesan Resident Evil

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa Resident Evil 4 merupakan game yang paling mempunyai pengaruh di era tahun 2000-an.

Selain memiliki kualitas di atas rata-rata, game ini juga mendapat penghargaan sebagai Game of The Year di beberapa ajang awards pada tahun 2005.

Namun kualitas bukanlah satu-satunya aspek yang paling utama dari Resident Evil 4. Pasalnya perusahaan Capcom terus melakukan inovasi dalam melahirkan sebuah game third person action dan telah membawa pengaruh besar di dunia Industri gaming tahun 2000-an.

Baca Juga: The Last of Us: Game Eksklusif untuk Konsol PS 3 dan PS 4

Disebut Game Legends

Disebut Game Legends

Resident Evil 4 menawarkan pendekatan gameplay yang sangat sempurna dan hal ini telah menjadi syarat wajib bagi semua game third person action modern.

Bahkan banyak franchise-franchise game ternama yang meniru atau mengambil inspirasi secara langsung dari Resident Evil 4, dan hasil yang mereka dapatkan selalu berbuah kesuksesan manis.

Karena inspirasinya yang begitu berharga, maka kita tidak perlu heran jika Resident Evil 4 diakui sebagai game terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Hingga kini, meskipun sudah ketinggalan zaman, namun keberadaannya masih tetap dirasa kuat untuk bertahan di hati para fans dan terbukti masih seru untuk dimainkan.

Bahkan Resident Evil 4 kini sudah bisa dimainkan lewat beberapa platform seperti windows, emulator dan sebagainya.

Kelebihan

  • Mekanisme pertempuran yang luar biasa, penuh aksi heroik dan sangat menegangkan.
  • Mempunyai banyak jenis senjata.
  • Plot cerita yang sangat menarik.
  • Setiap pertarungan melawan monster boss memberikan suasana yang begitu mendebarkan.
  • Karakter yang didesain modis.
  • Penuh adegan brutal yang memacu adrenalin para pemain.

Kekurangan

  • Setiap senjata yang di pakai memilki kelemahan.
  • Ammo senjata juga sulit terlalu sedikit dan sulit untuk di dapatkan.
  • Tidak ada bar darah saat melawan monster atau zombie.

Spesifikasi PC Minimum untuk Memainkan Game Resident Evil 4

  • OS: Windows Vista, Windows 7, Windows 8
  • Prosesor: Intel Core 2 Quad 2.7 Ghz atau diatasnya, AMD Phenom II X4 3 Ghz
  • RAM: 4 GB
  • GPU: NVIDIA Ge Force GTX 560
  • DirectX: Version 9.0c
  • Penyimpanan: 15 GB Ruang Kosong
  • Sound Card: Standard Audio Device

Itulah hasil ulasan mengenai Resident Evil 4: Game Legendaris untuk Generasi Tahun 2000-an. Jika kamu adalah seorang gamer yang belum pernah mencoba game horror action yang satu ini, tentunya akan sangat direkomendasikan untuk segera memainkannya. Semoga Bermanfaat!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0