in

The Last of Us: Game Eksklusif untuk Konsol PS 3 dan PS 4

The Last of Us: Game Eksklusif untuk Konsol PS 3 dan PS 4

Beberapa waktu lalu konsol Playstation 4 kehadiran sebuah game eksklusif yang bisa dikatakan juga menjadi salah satu game terbaik konsol tersebut. Seri The Last of Us ini juga merupakan game terbaik yang dirilis tahun 2013.

Karena begitu banyaknya pemilik Playstation 4 yang sebelumnya tidak memilki konsol Playstation 3, perusahaan Naughty Dog pun akhirnya mengambil kesempatan ini untuk merilis kembali The Last of Us ke Playstation 4 dengan kualitas grafis yang disesuaikan dengan perangkat keras konsol tentunya.

The Last of Us Remastered Edition yang diusung pada versi Playstation 4 dirilis pada tanggal 24 Juli 2014. Akan tetapi bukan berarti artikel ini hanya berlaku kepada pengguna Playstation 4 saja. Jika kamu mempunyai Playstation 3 dan belum pernah memainkan game The Last of Us, mungkin review ini bisa membantu kamu dalam membuat keputusan.

Nah tanpa basa basi lagi, mari kita bahas tentang perjalanan Joel dan Ellie dalam bertahan hidup di dunia yang penuh dengan kekacauan ini. Disimak ya!

Review The Last of Us

Review The Last of Us

Alur cerita yang dibesut oleh game ini memang tampak membosankan jika dilihat hanya sepintas. The Last of Us mengusung sebuah cerita dengan setting post apocolypse, dimana banyak sekali manusia yang menjadi zombie karena dikendalikan oleh jamur dari wabah penyakit.

Bercerita tentang hubungan antar orang dewasa dan anak yang masih polos, dan tentunya memang sudah terlalu banyak cerita yang mengusung hal seperti itu. Akan tetapi, begitu kamu menyaksikan sendiri petualangan dari Joel dan Ellie, maka segala rasa kekurangan yang ada di benakmu terhadap game ini akan hilang.

Baru 10 menit di awal permainan saja, The Last of Us sudah menyuguhkan sebuah adegan emosional yang luar biasa. Selama memainkan game ini mungkin kamu akan merasa takjub, melongo bahkan sedikit depresi dibuatnya. Plot cerita yang keren ini juga didukung oleh akting yang bagus dari para pemerannya.

Pengisi suara dari setiap karakter dari game ini tidak hanya memberikan suara mereka saja, tapi juga menyumbangkan tubuh sebagai motion capture seakan-akan mereka lah yang menjadi karakter di dalam game tersebut.

Karakter The Last of Us

Karakter The Last of Us

Dalam The Last of Us kamu akan berperan sebagai Joel, yakni seorang pria paruh baya yang bekerja sebagai penyelundup semenjak wabah zombie yang menyerang kota tersebut.

Permasalahan semakin runyam ketika Joel harus mengantarkan seorang gadis muda bernama Ellie untuk melintasi Amerika. Sebenarnya inti utama dari Plot cerita The Last of Us adalah hubungan antara Joel dan Ellie.

Sepanjang permainan kamu akan menyaksikan perkembangan hubungan mereka yang bisa di bilang awalnya saling membenci, hingga akhirnya berubah menjadi sangat dekat layaknya ayah dan anak.

Semua hubungan mereka dengan karakter-karakter lainnya yang mereka temui di sepanjang perjalanan juga sangat menarik.  Setiap AI yang bermunculan meskipun hanya sebantar saja, tetap di desain dengan begitu apik seakan-akan mereka adalah manusia sungguhan, dengan segala emosi dan kisah masa lalu yang mereka bawa.

Gameplay The Last of Us

Gameplay The Last of Us

Meskipun memiliki cerita dengan banyak unsur sinematik yang mempunyai kualitas di atas rata-rata, gameplay dari The Last of Us bisa di bilang tidak terlalu spesial dan tidak jelek juga. Namun jika dibandingkan dengan game third person shooter lainnya seperti tomb raider atau Uncharted, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan diantara ketiganya.

Mekanisme dari game ini hanyalah bersembunyi di balik tembok untuk berlindung sambil menembaki musuh, mengendap-ngendap untuk menyerang musuh dari belakang, merakit senjata dan perlengkapan bertahan hidup, serta mengumpulkan item collectible untuk melengkapi achievment.

Tidak hanya itu saja, jika kamu adalah seorang gamers yang suka bermain multiplayer, aspek mode tersebut dalam The Last of Us bukan sesuatu hal yang bisa dianggap enteng.

Grafis The Last of Us

Grafis The Last of Us

Untuk kualitas grafis, The Last of Us bisa dibilang memberikan tampilan yang sangat luar biasa. Untuk ukuran sebuah game yang dirilis pada konsol berusia tujuh tahun, Naughty Dog mampu menciptakan game berkualitas tinggi.

Bukan hanya kualitas grafis luar biasa yang ada di setiap bagian scene, bahkan selama gameplay berlangsung saja kamu akan dibuat terpelongo oleh setiap pemandangan indah sekaligus mengerikan di dunia yang penuh kekacauan ini.

The Last of Us ini merupakan salah satu jenis game yang bahkan gamer PC pun mengakui kualitas grafisnya. Dan hal ini tentunya merupakan sebuah apresiasi yang sangat besar.

Selain visual, desain dari sound The Last of Us juga sangat luar biasa. Komponen ini tentunya sangatlah diperlukan mengingat begitu banyaknya aspek gameplay yang memerlukan detail suara.

Misalnya saat kamu berhadapan dengan Clicker yang tidak bisa melihat namun pendengarannya sangat tajam, atau saat kamu melempar sebuah benda untuk mengalihkan perhatian musuh.

Desain Sound ini tentu sangat berguna untuk memperkuat suasana di dalam game, apalagi jika didukung dengan musik-musik akustik dan menenangkan, tentunya akan sangat cocok dengan tema dan atomsfer dari game The Last of Us.

Spesifikasi Minimal PC untuk Memainkan Game The Last of Us

  • OS: Windows 10
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo 2.4 GHz atau Athlon X2 2.7 GHz
  • RAM: 2 GB
  • GPU: NVIDIA DirectX 10 AMD ATI, NVIDIA ATI Radeon 3870 atau diatasnya, NVIDIA GeForce 8800 GT
  • Penyimpanan: 15 GB Ruang Kosong

Itulah ulasan mengenai The Last of Us yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan untuk memainkan game ini. Selain seru untuk dimainkan, The Last of Us juga seru jika sambil disaksikan saat bermain karena plot cerita sangat menguji rasa kemanusiaan. Jadi untuk kamu yang belum pernah mencoba, ayo segera mainkan game-nya sekarang juga!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0