in

Top 6 Fakta Attack on Titan dan Alur Jalan Ceritanya

Top 6 Fakta Attack on Titan dan Alur Ceritanya

Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin adalah serial anime asal negara Jepang yang berlatar dunia fantasi. Berkisah tentang manusia yang harus hidup melawan Titan, anime ini diilustrasikan oleh sang penulis cerita, yakni Hajime Isayama.

Memasuki season terakhir pada tahun ini, ada beberapa fakta Attack on Titan yang harus kamu ketahui. Berikut ini ulasannya:

1. Attack on Titan diadaptasi dari manga

Attack on Titan diadaptasi dari manga

Fakta pertama adalah anime Attack on Titan diadaptasi dari manga karya Hajime Isayama. Tak hanya menulis kisahnya, Hajime Isayama juga menjadi ilustrator manga tersebut.

Manga yang berfokus pada perjuangan manusia melawan Titan ini pertama kali dimuat majalah Bessatsu Shonen Magazine pada September 2009. 

2. Meraih kesuksesan di Amerika Serikat

Meraih kesuksesan di Amerika Serikat

Attack on Titan tak hanya meraih kesuksesan di negara asalnya, Jepang. Manga ini berhasil meraih kesuksesannya di Amerika Serikat.

Bahkan sesuai yang dirilis oleh New York Times, manga Attack on Titan berhasil menempati posisi kedua sebagai komik yang tengah naik daun pada tahun 2013. 

3. Attack on Titan pertama kali tayang pada 2013

Attack on Titan pertama kali tayang pada 2013

Setelah sukses dalam bentuk manga, serial anime Attack on Titan tayang untuk pertama kalinya pada tahun 2013. Tepatnya pada tanggal 7 April – 29 September 2013.

Serial anime Attack on Titan pertama kali tayang di saluran MBS (Mainichi Broadcasting System) dan diproduksi oleh Wit Studio. Sementara itu, serial ini disutradarai oleh Tetsuro Araki.

Memasuki season kedua dan ketiga, Attack on Titan mengalami pergantian sutradara. Setelah digarap oleh Tetsuro Araki, serial anime ini disutradarai oleh Masashi Koizuka.

Season kedua tayang pada 1 April – 17 Juni 2017. Sementara season ketiga tayang pada 23 Juli 2018 – 1 Juli 2019. 

4. Attack on Titan diangkat ke layar lebar

Attack on Titan diangkat ke layar lebar

Manga Attack on Titan tidak hanya dibuat dalam versi serial anime saja, namun juga diangkat ke layar lebar. Film Attack on Titan yang disutradarai Shinji Higuchi pertama kali tayang di bioskop pada tahun 2015 silam. 

5. Hajime Isayama terlibat dalam pembuatan season ke-4

Hajime Isayama terlibat dalam pembuatan season ke-4

Fakta Attack on Titan lainnya adalah keterlibatan Hajime Isayama dalam pembuatan serial anime season ke-4. Selain itu, season keempat dari Attack on Titan tak lagi digarap oleh Wit Studio, melainkan dikerjakan oleh Studio MAPPA.

6. Pencapaian Attack on Titan

Pencapaian Attack on Titan

Selain fakta Attack on Titan yang perlu kamu ketahui, serial anime bergenre fantasi ini juga memiliki pencapaian yang mentereng. Pada bulan Desember 2019, manga Attack on Titan berhasil meraih kesuksesan dengan berhasil terjual sebanyak 100 juta kopi di seluruh dunia. 

Pencapaian ini menjadikan Attack on Titan sebagai salah satu manga terlaris di dunia. Tidak hanya itu saja, Attack on Titan juga berhasil menyabet beberapa penghargaan, seperti Penghargaan Manga Kodansha, Penghargaan Harvey, dan Penghargaan Micheluzzi.

Sama seperti versi manga, serial anime Attack on Titan pun menuai kesuksesan di negara Jepang dan Amerika Serikat. 

Alur Cerita Attack on Titan 

Bagi penggemar Attack on Titan, alur cerita serial anime ini pasti sudah hapal di luar kepala. Namun untuk kamu yang belum pernah menonton anime tersebut, tak ada salahnya menyimak ulasan singkatnya berikut ini. 

Secara garis besar anime ini berkisah tentang perjuangan manusia yang harus bertahan hidup dengan melawan Titan, raksasa pemakan manusia. Untuk bertahan hidup manusia harus tinggal di wilayah yang dikelilingi oleh tiga lapis tembok besar. 

Pada seri pertama diceritakan ketika lapisan tembok terluar dapat ditembus oleh Titan, para manusia harus mundur ke bagian lebih dalam.

Hal ini tak serta merta membuat mereka selamat. Sebab mereka mulai mengalami krisis makanan. Untuk bertahan di tengah krisis, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan bergabung ke pasukan militer. 

Novel dan Game Attack on Titan

Tahukah kamu bahwa selain manga dan anime, terdapat novel dengan judul Attack on Titan yang pertama kali rilis pada 1 April 2011.

Cerita yang diangkat pada novel ini adalah kisah sebelum peristiwa yang terjadi pada manga Attack on Titan. Novel ini telah diterbitkan menjadi tiga volume oleh Kodansha. 

Fakta Attack on Titan berikutnya adalah adaptasinya manga ini ke dalam bentuk permainan video. Setidaknya terdapat empat permainan video hasil adaptasi Attack on Titan. Game ini dikembangkan oleh Nitroplus yang bekerja sama dengan Production I.G. 

Disamping itu, permainan dengan genre laga bertajuk Attack on Titan juga dikembangkan untuk platform.

Nintendo 3DS yang rilis pada tahun 2013 silam di negara Jepang. Sementara di Amerika Serikat, game ini dirilis pada Mei 2015, dan pada Juli 2015 permainan ini dirilis di Eropa. 

Tak hanya dalam bentuk permainan Nintendo 3DS, permainan Attack on Titan juga dikembangkan dalam bentuk game smartphone yang ditujukan untuk pengguna Android dan iOS. 

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0